Rencana Pelaksanaan Layanan dan Bimbingan Konseling RPL dan BK Berbasis Kurikulum 2013

Selamat berkunjung di gurungajardownload.blogspot.com

Pada kesempatankali ini kami akan mempostingkan Rencana Pelaksanaan Layanan dan Bimbingan Konseling  RPL dan BK Berbasis Kurikulum 2013.

Menindaklanjuti berbagai  berbagai macam bentuk pertanyaan mengenai bentuk penyusunan RPL/SATLAN/RPBK, oleh karena itu dengan adanya perubahan dari Kurikulum KTSP dengan Pendidikan Karakter sebagai muatan untuk menuju penggunaan Kurikulum 2013 dengan menekankan ke arah peminatan pada siswa. Yang perlu  diingat bahwa sebagai Guru BK  bukan merupakan sebagai Guru Mata Pelajaran yang setiap pergantian kurikulum harus ganti bentuk RPP nya yang disesuaikan dengan petunjuk yang diatur dalam muatan kurikulum secara standar. Oleh karena itu setiap pergantian kurikulum yang banyak mendapatkan porsi pelatihan adalah guru Mata Pelajaran terutama dalam penyusunan RPP.

Sedangkan menurut hemat saya sampai saat ini belum menemukan bentuk perangkat BK yang standar yang dapat digunakan oleh Guru BK. Yang terjadi di lapangan justru membingungkan, saat mengikuti PLPG  petunjuk pembuatan RPL beda dengan yang saya buat selama ini, di  LPTK yang lain juga demikian memberi petunjuk dengan pembuatan RPL yang beda pula. PPPP4TK (Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan) merupakan lembaga yang menangani masalah peningkatan kompetensi guru-guru BK di Indonesia juga belum mempunyai Standarisasi mengenai kelengkapan yang harus dimiliki oleh Guru BK. Pengalaman lain yang terjadi saat pengawas sekolah memberi pengawasan terhadap Guru BK di sekolah mereka rata-rata tidak faham tentang BK sehingga yang terjadi pengawas memperlakukan guru BK seperti guru mata pelajaran.

Kita semua berharap kepada jajaran ABKIN sebagai organisasi induk Bimbingan Konseling melalui berbagai Kongres Nasional Abkin agar dapat menghasilkan rumusan yang  baik, benar serta terdapat kejelasan yang dituangkan  dalam suatu keputusan yang dapat digunakan sebagai  rujukan oleh guru-guru Bimbingan Konseling. Sehingga untuk menyikapi hal tersebut diatas dalam pembuatan RPL/SATLAN/RPBK yang terpenting  kita membuat dengan catatan harus membuat. Adapun bentuk RPL yang kita buat minimal mengandung unsur sebagai berikut: 
  • Tujuan Layanan
  • Materi Layanan
  • Kegiatan Layanan
  • Sumber, bahan dan alat
  • Penilaian

Bentuk Rencana Pelaksanaan Layanan ( RPL ) Bimbingan Konseling (BK)  beserta lampirannya yang kami bagikan saat ini adalah mengacu pada Implementasi Program BK dalam Kurikulum 2013 yang kami kemas seperti di bawah ini:

  1. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 1
  2. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 2
  3. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 3
  4. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 4
  5. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 5
  6. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 6
  7. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 7
  8. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 8
  9. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 9
  10. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 10
  11. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 11
  12. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 12
  13. RPL Guru BK Kelas 7 Model Klasikal 13


Semoga bentuk Rencana Pelaksanaan Layanan ( RPL ) Bimbingan Konseling (BK)  segera dapat dipergunakan oleh guru BK di sebuah lembaga Pendidikan.

Sumber : https://sdasemrudungsatu.blogspot.co.id

Demikian Posting dari kami tantang Rencana Pelaksanaan Layanan dan Bimbingan Konseling  RPL dan BK Berbasis Kurikulum 2013 pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat.





Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget